[DID YOU KNOW] Kenapa Bahasa Inggris SPT (Surat Pemberitahuan) Adalah Tax Returns?

26 April 2024

[DID YOU KNOW] Kenapa Bahasa Inggris SPT (Surat Pemberitahuan) adalah Tax Returns?

Memangnya apa sih yang di return atau dikembalikan? Lebih bayar SPT kah? Ternyata istilah berasal dari penggunaan hukum "pengembalian".

Konon waktu itu ketika seorang pejabat diberikan surat perintah yang isinya meminta pembebasan seseorang yang ditahannya karena alasan ketidakadilan, maka pejabat tersebut memiliki kewajiban untuk menanggapi atau memberikan laporan hukum surat tersebut dengan menunjukkan alasan yang adil kenapa orang tersebut ditahan.

Nah, tanggapan atau laporan hukum pejabat tersebut didokumentasikan dengan penyebutan “return” pengembalian surat perintah.

Sistem perpajakan yang self-assessment seperti di Indonesia, memberikan hak kepada warga negara atau Wajib Pajak untuk menghitung sendiri kewajiban perpajakannya, dan laporan penghitungan sendiri kewajiban perpajakan yang dilakukan oleh Wajib Pajak tersebut didokumentasikan sebagai kewajiban pajak kepada pemerintah, dan dalam konteks ini disebut pengembalian atau laporan hukum.


Baca Juga: Daftar Dokumen Yang Wajib Dilampirkan Dalam SPT Tahunan PPh Badan


Jadi tidak ada kaitannya apakah hanya SPT lebih bayar saja yang wajib dilaporkan ke pemerintah dalam hal ini Dirjen Pajak, melainkan kewajiban perpajakan baik kurang bayar, lebih bayar, bahkan nihil sekalipun.

Kewajiban pelaporan pajak tahunan untuk perusahaan di Indonesia diatur dalam UU KUP 28/2007 Pasal 3 ayat 3 huruf d yaitu paling lambat empat bulan setelah akhir tahun pajak.

Sehingga jika perusahaan menggunakan tahun buku Jan - Des, maka SPT Tahunan paling lambat disampaikan akhir April tahun berikutnya. Jika menggunakan tahun buku Juli - Juni, maka SPT Tahunan disampaikan paling lambat akhir Oktober.

Perlu diperhatikan, lampiran apa saja yang diperlukan dalam penyampaian SPT Tahunan tersebut.

Jika waktu empat bulan tersebut belum cukup karena laporan belum selesai, maka sesuai Pasal 3 ayat 4 maka batas waktu empat bulan tersebut dapat ditambah lagi selama 2 bulan sehingga totalnya menjadi 6 bulan. Tambahan ini dilakukan melalui surat pemberitahuan ke kantor pajak.

Agar lebih aman dan menghindari error dalam pelaporan elektronik, kita bisa melaporkan SPT Tahunan lebih awal.


Happier & Better


Artax

BROWSE ALL ARTAX NEWS & ARTICLES
01 February 2024
Penyusutan Fiskal: Metode Garis Lurus vs Saldo Menurun
22 April 2024
Daftar Dokumen Yang Wajib Dilampirkan Dalam SPT Tahunan PPh Badan
23 January 2024
Daftar Peraturan Perpajakan

Talk To Artax

At Artax, we're dedicated to providing unparalleled tax consultation services. Let us help you smoothen the complex Indonesian tax system with expertise and precision.